Lining up is just not our middle name. At least, not all of us…
Sudah menjadi rahasia umum kalau orang Indonesia paling susah disuruh antri. Di depan loket karcis, di gerai penjual makanan, bahkan di jalanan ketika macet. Bukan hanya angkutan umum atau mereka yang bermobil butut, tapi juga bapak-ibu yang terhormat yang bermobil mewah juga suka nyerobot jalur busway tuh, mereka yang harga mobilnya nggak akan kekejar oleh penghasilan mereka-mereka yang nyupir angkot, biarpun mereka sudah bereinkarnasi 10 kali dan selama itu pula mereka narik angkot ngejar setoran…
Kalau bisa nyerobot antrian supaya bisa duluan, kenapa tidak?
Saya jadi ingat dengan beberapa pengalaman saya sendiri yang berhubungan dengan antri-mengantri ini. Saya sendiri berusaha selalu menghargai orang yang sudah datang lebih dahulu dari saya di antrian manapun, dengan tetap mengantri di belakang mereka. Tapi saya juga ingin diperlakukan sama, dihargai oleh orang-orang yang datang setelah saya, dengan tidak menyerobot antrian saya. Beberapa kali kejadian ada yang berusaha menyerobot. Sialnya bagi mereka, saya bukan tipe orang yang sungkan untuk menegur – atau bahkan meneriaki – mereka yang berusaha menyerobot antrian saya. Kalau mau nyerobot di antrian sebelah, terserah. Tapi jangan coba-coba nyerobot antrian saya…
DuFan, beberapa tahun yang lalu. Saya lupa tepatnya tahun berapa, yang jelas pas liburan sekolah & saya berlibur ke Jakarta bersama keluarga. Saya juga lupa sedang mengantri bersama keluarga di wahana apa di taman rekreasi ini. Namanya juga pas liburan sekolah, antrian di wahana-wahana yang populer di DuFan bener-bener bikin putus-asa. Tapi karena anak-anak udah kebelet bermain di wahana ini, ya antri juga lah kita. Sudah sejam lebih kita ngantri, kita baru sampai di tengah-tengah antrian. Di depan masih jauh dari pintu, di belakang juga sudah panjang mengular. Eh, tiba-tiba ada dua ibu-ibu sibuk nyerobot dari ujung belakang antrian, sibuk permisi sana-sini pelan-pelan, sampai akhirnya mereka sampai di belakang saya. Nggak saya beri jalan. Mereka terus berusaha minta dibiarkan lewat, mulai dengan cara sopan dan sampai akhirnya sambil ngomel-ngomel. Di saat itu lah mereka nyeplos ngomong kalau keluarga mereka yang lain sudah ngantri duluan nun jauh di depan.
Kalau mau barengan, ya ngantri barengan dong Bu, bukannya nyerobot…
Itu yang saya katakan ke mereka, beserta omelan saya yang lain, yang intinya memprotes kelakuan mereka sambil mengingatkan bahwa orang lain juga sudah ngantri lama sementara mereka enak aja mau ke depan duluan. Satu keluarga lain yang sedang antri di belakang saya hanya senyam-senyum saja mendengar omelan saya dan melihat wajah ibu-ibu berdua itu yang merah padam…
Di lain waktu, saya sedang antri di depan gerai makanan di tempat rekreasi yang lain. Di depan saya masih ada satu pelanggan, sebentar lagi giliran saya. Ga pake ba-bi-bu tiba-tiba ada satu bapak entah dari mana langsung berdiri di samping pelanggan paling depan tadi sambil nyodorin uang & menyebutkan pesanannya. Saya pegang aja bahunya agak keras sampai si bapak menoleh…
Pak, antri dulu di belakang sono…
Kata saya sambil menunjuk ke ujung antrian di belakang saya. Dia baru saja mau buka mulut dengan tampang marah, pelanggan-pelanggan lain yang sedang antri di belakang saya sudah ikut ribut menyuruh si bapak untuk antri. Alhasil, si bapak nggak jadi antri di gerai itu dan pergi entah ke mana. Mungkin ke mall di planet lain yang nggak perlu ngantri…
Di waktu yang lain lagi, saya sedang antri di kasir mini-market. Sudah sampai giliran saya nih. Eh, tiba-tiba ada ibu-ibu sepuh nyerobot sambil menyorongkan belanjaannya minta dilayani duluan. Sambil cemberut pula. Saya udah mau buka mulut dan mulai nyerocos nih, tapi istri saya yang sudah hapal sifat saya langsung njawil tangan saya sambil berbisik, “udah deh sayang, biarin si ibu duluan..”
Curang ah, baru aja mau ngomel udah dapet bisikan mesra duluan… 😀
Memang sih, kejadian-kejadian seperti di atas nggak selalu terjadi. Dan nggak semua orang sudah punya kesadaran untuk menghormati hak orang lain. Tapi tetep saja saya masih terheran-heran setiap kali ada orang seperti itu. Di sisi yang melayani, sebagian sudah berani untuk bilang ‘tidak’ ke si penyerobot dan meminta mereka untuk antri. Tapi sebagian yang lain tetap tidak peduli, memilih untuk tidak mau ribut dan tetap melayani mereka, walaupun di bawah tatapan dongkol pengantri yang lain…
Oh, satu contoh ekstrem lagi. Di bandara di kota tempat saya bekerja, antrian di depan counter check-in maskapai carter perusahaan tempat saya bekerja diatur oleh petugas khusus. Antrian panjang ke belakang, tapi semua patuh di antrian. Persis di samping, segerombolan manusia sedang berdesak-desakan di depan counter salah satu maskapai komersial, berebut untuk check-in duluan. Sebagian dari mereka juga karyawan di perusahaan tempat saya bekerja, yang mana di lain waktu saat mereka naik maskapai carter perusahaan mereka juga bisa antri dengan rapi – sambil diawasi petugas khusus 😀
Oh well Izz, don’t expect too much…
Leave a comment